- the hiddenleaf shinobies -

we ain't naruto fans club. we're just inspired by konoha-gakure managemen system. we use it to develop the basic sci-tech education for children. and here it is one of our communication channel ... welcome #:)

Sunday, March 04, 2007

journal 10 desember 2005 IJSO dengan cakrawala ilma

[ Sabtu 10 Desember 2005 ]
[ hiddenleaf jadi asisten di stand cakrawala ilma ]
[ (Pameran Pendidikan dalam rangka IJSO 2005 di Saphir Square) ]

assalammualaikum wr.wb.
wah.. senangnya kemarin bisa bantuin ilma. Aku dapet banyak ilmu di sana.
kemampuan salesgirlku bertambah satu bintang loh. Bagaimana berkomunikasi dengan atasan jg dapet ilmu lg.

pekerjaan dua hari ini diawali tragedi. yg pertama datang ayu ama gholib, tapi kasian ayu sama gholib ... mereka diusir pak satpam gara2 tidak punya ID. trus berikutnya disusul tanti ama vina. Karena gadis2 geulis leafs pd belum makan, mereka pun makan sambil memandang puing2 saphir square yg berserakan di emperan jalan. kan gak bole masuk!

Fiuhh...akhirnya kami bisa masuk jg dengan cocard yg dibawa bu muzi. Dan... ilma mulai beraksi. Leafs hanya bengong tak berdaya. Kami tak tau apa yg harus kami lakukan. setengah jam pertama kami habiskan untuk bermain segala macem permainan peraga yg bang muzi bawa. hehehehe... jangan terlena leafs! we're here to work! Kemudian bala bantuan bang muzi dateng, ada mbak titi, siti, heni, duh sama sapa lagi ya ... aku lupa, pak kumis dan mas sarma. Tau nggak sih, anak jakarta itu menganggap ‘mas’ sebagai panggilan mesra. Mereka lebih suka makai panggilan Kak! Atau Bang. Dunno why.
Trus kami kenalan
Trus kami tanya, ada yg bisa kami bantu? Dan gayung bersambut.. Leafs pun berubah menjadi production crewnya CI yg lakmus bunga itu, mereka menyebutnya kertas ajaib. Ternyata pekerjaannya sangat menekankan prinsip hemat. Irit tanda tak mampu ... eh salah ya? Iri tanda tak mampu. Tp leafs jg cukup ngirit kok. Walau kadang agak hedonis.

Produksi dan dekor selesai sekitar jam 8.30an gitu. Pengunjung pameran mulai berdatangan. Jam 9, aku disuruh nyebar tiket ama mbak dg kalung merah. Hanya sedikit anak kecil yg dateng. Maklum masih pada sekolah. Hoe kmi ketemu sama pak radi loh. Masih cakep aja ni bapak.

Trus ada event science demo. Anak kecil yg datang cuma sedikit. Tapi aku berani menjamin, ini bukan karena leaf! Pada dasarnya, anak kecil di saphir emang cuma sedikit. karena cuma ada sedikit anak acaranya nggak segera dimulai, sehingga banyak anak kecil yg datang terus pergi lg karena acaranya tidak segera dimulai. OK, mission failed!

Aku pribadi nggak mau klo yg mempekerjakan kita memandang bahwa kita nggak profesional. Jd ayo kita tunjukkan bahwa kita berguna! Ada rasa aku makan gaji panas klo aku rasa aku belum maksimal kerja di situ. Ya gitu deh

Kemarin Gholib banyak bersentuhan dengan anak kecil. Aku nggak tau gimana rasanya, sebaiknya kita bertanya ke Gholib. Aku lihat, dy cukup mahir di situ. Menyalurkan fun ke anak kecil yg berinteraksi. Suatu jutsu yg nggak semua orang punya, seperti tanti. Udah lama di leaf kok ya ... nggak bisa-bisa juga mempermahir jutsu ini. Aku dapet pelajaran juga, inti dari jutsu ini adalh ‘jangan menghabiskan fun-nya untuk diri sendiri’ fun harus dibagi sebelum dia habis. Hahahaha Yah memang mudah dikatakan tapi susah dikerjakan.

Trus di Tanti ... apa ya ... yg tambah ilmunya ... Tau nggak? Aku rasa aku dapet skill baru. Selama ini aku kan nggak pernah bersinggungan dengan dunia bisnis beneran. Jd event ini beneran somethin’ bwt aku. Mungkin cara approaching orang tua yg minat ke sains ya. Pd dasarnya mereka sangat interest dengan pendidikan sains untuk anak. Jadi, ya terangin aja apa yg kita punya k mereka. Waspadai tanda-tanda bored out di muka mereka. Klo mereka udah gitu. cepatlah menyingkir dan bikin efek ‘kalian akan menyesal gak datang ke stand ilma’. Aku sempet kaget, pas nyebar kupon, si ortu Cuma bilang ya..ya.. yayaya atau iya mbak makasih ya. Eh ternyata mereka datang juga ke ilma.
Kalau buat narik anak kecil, tunjukkan bahwa di stand ilma ada mainannya, ada funnya, ada magicny jg. Kata magic emang magic. Anak kecil suka sekali kata itu. Beneran deh.
Aku senang masyarakat indonesia bisa membedakan cewek salesgirl beneran dan yang nggak . Appresiasinya jelas beda. Tunjukkan bahwa kita berpendidikan dan melakukan hal ini tidak semata-mata buat cari duit, dg implisit tentunya, dan mereka bakal lebih menghormati kita. Walau tidak dikatakan atau ditunjukkan. Feelnya tetep terasa, baik di kita atau konsumen yg bersinggungan dg kita. Klo melihat keadaan di lapangan kemarin, aku rasa hari kedua stand ilma bakalan lebih rame karena bakal ada lebih banayk anak-anak. Ortunya pada seneng juga kok di situ. Banyak wartawan jg. Aku masa’ ditanya macam-macam sama wartawan. Apa mukaku memang tampak menarik ya? Mas wartawan aja yg cakep itu memilihku untuk ditanya-tanyain. Pehhh… hoek. Iya-iya ... tp jangan muntah di depanku gitu donx.

Buat ayuk ma vina rasanya g adil klo aku g kasih komentar bwt kalian... tp maaf kalian terlalu singkat berada d sampingku... aku jd g bisa ngasih comment macem2.

Satu catatan buat science demo, Kenapa orang dewasa yg nonton jumlahnya lebih banyak daripada anak kecil yg nonton ya?

Ada stand bagus di IJSO expo. Stand punya SMP Taruna Bakti Bandung yang direkomendasikan bu Muzi ke aku sama ayu’. Mereka bikin kamera pin hole! Nggak ori-ori banget sih idenya. Aku aja dah tau itu prinsip kerjanya sejak sd. Tp yng bikin wow itu ... mereka mewujudkannya. Dan itu jelas suatu nilai yg wahh! Yg pencucinya itu developer minigrain, acid, ama air. Liat aja deh sendiri. Di stand ini ada anak bule kecil yang ngomong sunda. Logat dan kosakatanuya itu… sunda banget. Manis lagi, aku jd gimana gitu. Mana dy wangi. Dan klo dengerin aku ngomong, dia suka memiringkan kepalanya ke arahku. Biar bs dengerin aku. That’s just cool. Tau nggak ternyata model Dinda, DJ Winky, Raffi ahmad, mereka semua itu anak taruna bakti! Pas aku diliatin foto di album sama bule kecil, aku melihat bahwa mereka sering sekali studi banding ke luar negeri. Cakep cakep dan cantik cantik sekali. Hehehe. Gurunya aja cakep. Dan dy nggak ngebedain siapa pun yg dateng ke standnya dy. Dijelasin aja semuanya…. Baek banget, cakep lg. Pengin ke sana lg nih. Tau nggak? Masa’-- aku dikira anak smp pas lg ada di stand ini sama bapaknya. Duh ... apakah mukaku masih semuda itu. Gimana ya ... yg namanya kece emg nggak bisa disembunyiin sih.
Ada jg stand robotnya akprind, yg jaga jg ramah. Mereka menghormati keingintahuan seseorang.
Stand SMP 5. Senangnya pak sarjiyo masih mengingatku. Sayang nggak sempat pamitan, keburu ditarik gholib yg mau minjem helmku. Aku malu, mereka tidak banyak berkembang. Kecuali science clubnya. Ketika aku kelas 3, science clubnya baru dibikin dan baru beroperasi. Bener deh.
Pembimbingnya itu nggak kompeten dulu, jd science clubnya jg nggak maju2. Tp alhamdulillah udah semakin baek aja.

Buat para leaf yg lain, yg sempat bertugas bareng Tanti .. maaf bila tanti banyak salah. Suka ilang pikirannya entah kemana. Sepertinya aku harus belajar untuk tidak larut dalam ke-pikiran-ku sendiri. Otomatis sih. Aku klo lg mikir, kadang suara kalian sampai di otakku 5 detik kemudian. Jd mohon sabar aja menunggu respon dari ku.

Oh iya. Sepertinya kemarin aku terlalu mendominasi ilma. Kadang aku lupa klo aku itu cuma disuruh bantu-bantu di belakang. Serasa ilma milik sendiri. Habis kayak ada rasa gatel pengen digaruk klo liat seseorang kurang dapet sesuatu di ilma. Maaf buat para original crewnya ilma, bukan maksudku menjajah pekerjaan Anda Anda sekalian. Ini juga merupakan pembelajaran tersendiri bagiku. Klo lg kerja jangan sampai melanggar yurisdiksi ... atasan sih gak bakalan complain tp dari teman-teman seperjuangan bisa dpt tanggepan negatif. Walo di ilma nggak separah itu. Mbak-mbak dan mas-nya lumayan baek. Eniwe, banyak ilmu yg kudapat di ilma. Nggak nyesel kehilangan waktu belajar buat ujian.
Kemarin hanya ada satu kesan: FUN SEKALEEE!!!

Akhirul kata, wassalammualaikum wr. wb.


0 Comments:

Post a Comment

<< Home