- the hiddenleaf shinobies -

we ain't naruto fans club. we're just inspired by konoha-gakure managemen system. we use it to develop the basic sci-tech education for children. and here it is one of our communication channel ... welcome #:)

Wednesday, February 28, 2007

journal 13 juli 2006 posko muhammadiyah bambanglipuro

Ayu' Journal

Ayu' Journal
Jurnal HL-Care di Posko Muhammadiyah di Sribit, Bambanglipuro, Bantul

Pre Opening....
Pagi itu biasa... ayu' bangun telat jam 05.00 blum nyiapin sarapan, bikin minum pagi,masak air, cuci piring,de el el. Dan akhirnya baru sempet sarapan jam enam lebih dan mandi jam tujuh kurang seper-empat. Lalu motor pun kupacu dengan kecepatan 90km/jam.Misscall dari Vina pun ku abaikan-ga denger maksudnya...(ga penting ya???)

Opening......
Ternyata kedatangan ayu' sudah di tunggu. Sesaat sebelumnya, Mas Arkha, Vina, dan Ressa sudah siap berangkat. Namun ternyata ayu sama mas Abie masih di perjalanan.Ketika jam tangan sudah menunjukkan angka 07.00 ayu pun sampai di D6 dan beberapa detik kemudian disusul mas Abie yang ngeluh soal misscal" (?????).

Setelah motor di parkir, Bravo gedhe (mobilnya mas arkha maksudnya) langsung tancap gas jemput mbak ifta di kotagedhe (hiks :'( tau gitu ayu tadi nebeng aja... diampiri aja gitu lhoh!!!). Trus setelah tim komplit ada 6 orang, now we are ready to go to our destination. Perjalanan ternyata makan waktu yang cukup lama kira-kira satu jam (kurang lebih), tapi cukup menyenangkan dengan tawa seisi mobil dan mas abie yang nahan kebelet.

Sampai di posko, tim dari hiddenleaf disambut cukup baik, dan adik-adiknya pun ga kalah hebohnya. Ayu lupa tadi mbaknya namanya siapa yang jelas kita di sambut sama mas anas, mbak iin, dan mbak yang satunya lagi (siapa ya... ayu lupa!!!).Trus disana ada mas-mas dan mbak-mbaknya dari UMY yang KKN disana (eh ada yang keren lho yang baju item, lihat ga? lihat ga? lihat ga? yang ga pake jas almamater hehehehhh). (Akhirnya setelah ditahan beberapa lama lega juga tuh mas abie)

Kira-kira jam 08.30 adek-adek sudah banyak yang ngumpul di posko, jadi acara pun langsung dibuka sama mbak iin dan mbak X (habis lupa namanya siapa!!!). Ada acara pemanasannya yang paling ayu suka yaitu lagu lagu "lalu lalu lalu". (wah ayu' kena amnesia ringan -lupa niy sama nadanya... wah kacau memorinya perlu di up grade nih kalo ga salah lu... lalu.. la.. lulalu... lalulu... lalu... lalula... lulalulaluu... tangan kanan ke depan... tangan kanan ke belakang.... lu... lalu.. la.. lulalu... lalulu... lalu... lalula... lulalulaluu... tangan kiri ke depan... tangan kiri ke belakang.... lu... lalu.. la.. lulalu... lalulu... lalu... lalula... lulalulaluu... bodi bodi... bla bla bla... lupa aku-). Diteruskan dengan senam C O C O N U T - N U T - N U T - nya mas anas. Lalu "tepuk anak sholeh" :aku plok3x anak soleh plok3x rajin sholat plok3x rajin ngaji plok3x .....cinta islam plok3x sampai mati "lhaillahailallah Muhammadarasulullah" Yes!!! (kalo ga salah!!!). Akhirnya acarapun di serahkan pada tim hiddenleaf, dan kami pun bergegas mengambil-alih adek-adeknya yang sudah cukup excite.

Main Course (haaalaaah makanan kali...)
Akhirnya.. kami pun mengambil alih acara. Mas Arkha memulainya dengan 'suara hujan' (punya pak Agung ya kalo ga salah?) dan dengan cepatnya tertebak sama adek kecil, endut yang cukup imut itu yang namanya rizal. Kata mas Arkha trauma gempa masih ada sedikit waktu pemanasan itu. Pas 'gedrug-gedrug' ada yang bilang lindu-lindu (kata mas arkha). But that's OK!

Permainan diawali dengan C.O.W. Adek-adek cukup crowded waktu pembagian kelompok. Yang ayu' amati, mereka masih suka pilih-pilih temen. Ya... memang begitu sih anak kecil...kalo yang belum kenal pasti menjauh... dan yang cowok sukanya ngumpul ama yang cowok.. yang cewek juga maennya sama yang cewek. Tapi ini tidak berlaku di permainan ini. Semua dibagi rata. Dari yang naik kelas dua sampe yag naik ke kelas enam semua ada. Di permainan C.O.W ini adek-adek dibagi menjadi dua kelompok. Waktu diberi penjelasan,mereka cukup memperhatikan karena ada pancingan bahwa permainan ini ada hadiahnya.Tapi ternyata dibalik adek-adek yang terlihat excite ini ternyata terdapat beberapa adek yang mengira bahwa tim hiddenleaf ini adalah sejumlah dokter gigi yang bakalan nyabut gigi mereka (kali ye???), jadi sempat ada beberapa adek-adek yang nangis gara-gara takut bakalan disatroni sama dokter gigi. Lalu ayu' pun bilang " Tenang aja kita nggak mau nyuntik kalian kok!! Kita bukan dokter, kita mau maen sekarang" (Kurang lebih seperti itu lah... aku lali je persis e). Trus... Dari tangisan berubah jadi excite lagi dan game pun dilanjutkan dengan pembukaan dari Vina, trus sedikit penjelasan dari Ayu & Ressa. Setelah dijelasin, di kelompok tempet ayu, ayu kasih kesempatan buat diskusi gimana cara mindahin air penjernihnya secara renteng pete. Dan sebelum diberi contoh sama mas arkha dan mas abie ternyata mereka sudah bisa memikirkan cara untuk menyelamatkan air itu, yaitu dengan cara melipat (haalahh kok angel tho bahasane.. ditekuk maksud e) jadi dua.. (wow.. buatku itu cukup mengesankan) Tapi ternyata adek-adeknya masih ada yang belum dong, akhirnya mas abie n mas arkha kasih contoh ke mereka cara buat mindahin air penjernih ke air tercemar. BUat sekedar evaluasi, lain kali kalau main C.O.W jangan kebanyakan kasih injetnya, nanti airnya ga jernih-jernih soalnya.

Setelah adek-adek bikin barisan panjang (kurang lebih 15 anak tiap kelompok) mereka mulai permainan pindah memindah air, eh salah.. menjernihkan air dengan memindahkan air secara renteng pete. Well. Cukup Excite dan akhirnya pemenangnya adalah kelompok 2 yaitu kelompoknya Ressa. Tapi semua, juara 1 maupun juara 2 tetep dapet hadiah kok. Hadiah buat juara 1 permen dan juara 2nya dapat wafer. Sengaja dijadikan satu dan ga dibagi satu-satu supaya bisa mengajarkan mereka untuk berbagi sama teman-temannya. Tapi hadiah belum boleh dibuka sekarang. Hadiah di buka nanti setelah seluruh permaian selesai.

Lalu setelah C.O.W selesai akhirnya kita mulai permaian kedua yaitu lomba banyak-banyakkan niup buble. Lomba yang kedua ini aga sedikit berbeda dengan rencana semula yaitu memantul-mantulkan buble ke piring yang di isi minyak goreng, karena waktu mau kasih contoh ke adek-adeknya ternyata kurang begitu sukses, dan akhirnya plan Bnya keluar yaitu banyak-banyakan niup buble.Seperti permaian sebelumnya, pada permainan ini adek-adek yang jumlahnya kurang lebih 30-an anak ini dibagi atas 6 kelompok yang masing-masing kelompok jumlahnya 4 anak. Mereka bakalan berlomba buat niup buble sebanyak-banyaknya dalan sekali celupan tiap anaknya.

Sewaktu Vina, Mas arkha dan Mas abie dan Ressa juga kayanya mereka baru kasih contoh or penjelasan secara general, ternyata ayu melihat ada adek-adek yang 'under age' maksudnya adek-adek yang masih TK yang kepingin juga ikit mainan bersama kakak-kakaknya yang lebih gedhe. Tapi ayu ngerasa nggak enak juga kalo nglarang2 anak2 itu. Soalnya ada yang hampir mau nangis gitu, salah satunya si rizal itu.Dia punya rasa ingin tahu yang cukup tinggi ayu lihat. Waktu ayu bilang nanti kita bakalan mainan air dia cukup tenang tapi setelah dia lihat crowded temen2nya yang lebih gedhe buat ikut lomba di jadi pengen ikutan juga, tapi mau gimana lagi kan jumlahnya udah pas. Jadi ayu cari ide lain buat adek-adek yang 'under age' itu. Soalnya ayu juga ngerasa ga enak sama mbak X, nanti dikiranya hiddenleaf itu diskriminasi. jadi adek-adeknya itu ayu ama mbak ifta buatin mainan buble dari tiupannya sampe adonannya. Dan mereka cukup senang dengan buble yang tiup-tiup itu. Mereka cukup senang ayu rasa.

Setelah penjelasan dari mas arkha selesai, tiba giliran ressa ama ayu untuk ngejelasin cara bikin corong dari kertas, cara bikin adonan, dan cara mainnya. banyak dari adek2nya yang ga bisa2 bikin corong dan lebih seneng minta dibuatin, tapi sebelum dicoba ayu' blum mau bikinin. Setelah permaianan sudah akan dimulai, terpaksa deh adek2 ayu bikinin trus disuruh nyoba mainan tiup2 sampe bisa ngegelembung. Adek2nya cukup mengagumkan Ada yang bisa sekali tiup keluar buble sebanyak 11 gelembung. Waaahhh ternyata anak itu telah menemukan formulanya. Lalu... setelah kompetisi selesai, setelah permainan selesai, setelah tahu pemenangnya hadiah waterboom yang di bungkus sama vina dikasihin deh ke adek2nya.

Setelah permaian ini, adek2 di ajak buat bereng2 lihat water roket di lapangan. Untung waktu itu hujan sudah agak reda, jadi adik2 bisa nyobain. Mereka berebutan mau nyobain mompa. Trus akhirnya mereka hom pim pa 'hom pim pa beda dewe sikik dewe' (kalo ga salah lho). trus mereka gantian mompa nya sampai berkali2. Buat evaluasi mungkin besok nyobain mompanya dibatasi sapai 5 kali aja.

Ending...
Setelah pertunjukan water rocket selesai, selesai pula lah perjumpaan tim hiddenleaf si posko muhammadiyah di Sribit, Bambanglipuro, Bantul. Acara ditutup oleh vina yang lupa mengucapkan salam. Tapi salam yang satu ini ga boleh sampai terlupakan 'Sampai jumpa di keajaiban-keajaiban yang akan datang'(bener ga????). Lalu adik2nya bagi-bagi hadiah yang ga lain dan ga bukan permen loli dan sebungkus wafer.Setelah itu tidak lupa tim hiddenleaf foto2 dengan mbak2 pembimbingnya buat sekedar kenang-kenangan.

Post Ending...
Namun saat perjalanan pulang ternyata seluruh penghuni bravo item gedhe kelaparan. Akhirnya, ketika sampai di jalan bantul deket jokteng, kita berhenti di sebuah warung makan berjudul bakso 'mas kribo'. Well Setelah bahan bakar terisi cukup, wajah-wajah yang lesu pun kembali bersinar (haaalaaah opo tho iki!!). Dan last destination was D6. Sesampainya... ressa minta ijin pulang dan kami pun melanjutkan tiup-tiup buble sebanyak-banyaknya (dan ternyata cukup asyik juga dengan dimeriahkan oleh desta yang mengejar-ngejar bublenya).

Berakhir sudah perjalanan yang cukup melelahkan tapi memberikan pengalaman baru buat tim hiddenleaf. Nice job guys!!!


0 Comments:

Post a Comment

<< Home