- the hiddenleaf shinobies -

we ain't naruto fans club. we're just inspired by konoha-gakure managemen system. we use it to develop the basic sci-tech education for children. and here it is one of our communication channel ... welcome #:)

Saturday, November 11, 2006

Jurnal 3 Agustus 2006

Jurnal Sains Demo di Balai Anak Bawuran Pleret Bantul
3 Agustus 2006

Malem jumat tanggal 3 Agustus, after sesiangan perform sains demo di Bantul aku masih maksain ngetik jurnalnya. Mana tadi pas pulang ada pengajian di rumah sampe jam stengah 10.. jadi kudu asah2 piring gelas 40 orang tamu yang td rawuh..rela aku rela..pahala. hoek, dangdut pisan.

Bismillahirrahmaanirrahiim?.

Kegiatan ini berawal dari permintaan partner hiddenleaf (mas rohmat) untuk ngisi kegiatan anak-anak korban gempa di daerah KKNnya(iya ngga sih?). Materi yang bakal ditampilkan sudah ditentukan seminggu sebelum acara -tanpa tema khusus, air misalnya, tapi 2 diantaranya nyangkut2 sampah, bisa disangkut-sangkutin sama daerah situ yang deket dengan TPA- dan perlengkapan udah disiapin sehari sebelum hari H (bulan B, tahun T). Mulai dari waterboom sebagai pembuka acara, wind cannon jadi lomba, dan terakhir water rocket.

Pas aku n vina (bareng gholib juga) dateng sebenernya udah buru-buru gitu, soalnya waktu kegiatannya dimajuin jadi jam setengah dua karena jam setengah 4nya ada acara pengajian di TPA(bukan TPA yang diatas) anak2 bantul itu. Mas arkha mulai sibuk masuk-masukin barang ke mobil. Akhirnya Berangkat dari D6 jam 1 siang, setelah mas tejo dateng n solat dhuhur dulu. Sampe di tempat mas rohmat kita telat sekitar setengah jam gara2 nyasar. Peta yang dibikin mas rohmat kurang valid.

Langsung aja ke evaluasi. Dari awalnya acara ini udah telat setengah jam lebih, jadi anak2 yang ada di sana dari jam setengah 2 mungkin agak boring. MC arkha langsung beraksi ngenalin shinobies ke anak-anak. Tapi mereka ribut banget, apalagi pas kita mau bagi mereka jadi 4 kelompok untuk main waterboom. Menurut mas arkha itu karena mereka ngerasa ini rumah mereka dan yang berkuasa di sana ya mereka, jadi orang luar kaya kami ini yang baru aja dateng, ga bisa tiba-tiba ngatur-ngatur mereka (begitu mas ark?). Sesi waterboom dipegang oleh 4 shinobi yang baik hati, riska, ayu, mas abi, tanti. Masing-masing ngadepin 8 sampe 9 anak. Kebanyakan dari mereka berani buat nyoba waterboom setelah dicontohin sama pemandunya. Kelompokku sendiri pada berebutan mau nerbangin canister. Seharusnya bisa dibuat urutan, mereka disuruh baris, terus nerbangin satu-satu, disuruh variabelin, gimana kalo airnya dikit, gimana kalo airnya banyak, abis itu baru penjelasan, bahkan aku pikir mereka cukup cerdas untuk ngejelasin gimana waterboom bisa terbang dengan sendirinya. Pas aku tanyain juga ada yang bisa jawab pendek2, langsung aja tak suruh jelasin ke temen2nya, dan dia cukup berhasil, temen2nya juga bantuin dia nyelesain kalimatnya. Setelah itu kekacauan bertambah, hehe.. wind cannon, karena ini perlombaan matiin lilin seharusnya tempat yang jadi ajang lomba bebas angin, eeh malah anginnya kenceng, akhirnya ditutupin pake papan tulis dan lomba berjalan dengan lebih lancar. Selain angin kenceng, yang jadi masalah lain tu cannonnya. Karena anak2nya excited abis, balon2 yang dipake untuk nutupin botol pada copot malah banyak juga yang pada bolong. Waktunya jadi ngga terkontrol, akhirnya evaluasinya permainan ini ngga akan dimainin kecuali kalo kita udah tau medan dan pesertanya ngga banyak2 banget, yah walopun kalo ngga banyak kurang seru kayanya. Abis itu seharusnya acara bisa diterusin ke water rocket dan kami bisa heading home.tapi ada pembagian makanan rutin!! Acara jadi molor sekitar setengah jam, harusnya kami bisa minta pengertian ke ibu-ibunya untuk mbagiin after acara, tapi merekanya juga nyelonong aja. Payah deh. Vina ma Mas Arkha sempet kenalan sama berry(blue apa blackberry? Apa halle berry?) orang LSM Samin apa sesuatu gitu, yang mugkin besok2 bakalan ngubungin Heiddenleaf lewat mas rohmat. Setelah selesai ngeliat anak2 pada maem makanannya baru acara dimulai lagi. Water rocket as always, berhasil dan bikin wow, walaupun setelah dua kali terbang dan acara mau ditutup anak2 pesertanya langsung ngeloyor? sekali lagi gara-gara mereka udah pada mau TPA. Jadi yah langsung sajah tanpa basa basih, sampai jumpa di keajaiban-keajaiban selanjutnyah!

Walhamdulillah.

Riska

0 Comments:

Post a Comment

<< Home