- the hiddenleaf shinobies -

we ain't naruto fans club. we're just inspired by konoha-gakure managemen system. we use it to develop the basic sci-tech education for children. and here it is one of our communication channel ... welcome #:)

Monday, December 04, 2006

Journal workshop I-EARN

Journal workshop I-EARN
SMA 3 Yogyakarta
19 november 2006
Athrain Sky

Awalnya workshop ini hasil dari diskusi bareng pak Sopyan di milis. Ada semacam kegiatan internasional yang mengajak sekolah di seluruh dunia untuk membuat atau melakukan kegiatan skala internasional dengan berbasis koneksi internet. Di indonesia sebenarnya sudah terdaftar, namun realisasi nya belum berjalan. Walhasil ketika ditawarkan untuk SMA 3 pak Sopyan setuju sekali untuk memberikan presentasi ke Jogja. Dan kita sudah senang senang karena ada kunjungan pejabat (?) Singkat cerita proposal diajukan ke sekolah, dana dikumpulkan dan peserta di daftarkan. Namun tiada jalan tanpa kerikil (maksud?) Ternyata kedatangan pak Bush ke bogor berdampak besar pada kegiatan ini. Sebenarnya berdampak ke pak Sopyan sih. Beliau disuruh jaga pos di bogor nungguin pak Bush datang. Kita yang awalnya cuek dengan Bush jadi ikut-ikutan demo “Tolak kedatangan Bush!”

Lanjut dengan acara. Karena semua persiapan sudah beres (cuma kurang pengisinya.) Jadinya presenter (kaya acara gosip aja) workshop ini di tekel Hiddenleaf, dengan menggunakan bahan yang diberikan oleh pak Sopyan. Acara dijadwalkan mulai jam 8 pagi sampai jam 2 siang (wew!) Dan kita cukup kelimpungan mau diisi apa aja acara hari itu. Setelah melalui perdebatan yang alot dan beberapa kali ganti personel (kaya grup band musik) akhirnya acara kurang lebih begini:
- penjelasan I-EARN
- penjelasan output I-EARN (berbasis internet)
- simulasi I-EARN

Pada hari H jam 8 pagi aku dah nyampe ke sekolah. Parkir di selatan dan berkira-kira belum ada yang dateng. Ternyata ketika nyampe di ruang multimedia (yang keren abis!) dan sempat nyasar karena jaman dulu belum ada ruang kaya gini, memang belum ada seekor pun Hiddenleaf yang nongol. Waks, aku jadi bingung, soalnya jatahku sesi kedua, plus lagi miskin pulsa. Akhirnya aku keluar nyari voucher, muter muter kotabaru. Tapi karena hari minggu pagi sangat indah, tidak ada penjual voucher yang pengin rejeki dariku (lagian males nyari jauh jauh). Akhirnya aku balik ke sekolah dan mas Ark nongol dengan menggeh menggeh (naik motor ding...) Dia tadi ngambil barang di maguwo? Dan kemudian secepatnya menuju ke ruang multimedia.

Acara dimulai jam 8.30 (ngaret...) dengan 16 anak dari 23 total. Jadinya mas Ark ngisi sesi pertama cuma 1 jam... setelah itu diisi coffe break without coffe. Aku lupa urutannya tapi kayanya Tejo duluan dateng, habis itu Ucup yang pake nanya “parkir nya mana kang?” sesi kedua aku isi penjelasan output I-EARN dengan rician web page, milis, ama messenger. Ucup berperan sebagai teknisi ku. Ada sedikit kesalahan jadwal... Tejo yang jadwal nya sebagai Driver Acara alias jam weker pengisi diem aja waktu aku tutup sesi nya setelah 1 jam ngisi (harusnya satu setengah jam) lagian aku juga salah liat jam. Hm... aku gringgo kale... lagian kalo anak anak ku liatin web design bakal terheran heran dan nda jadi belajar bikin web page sederhana (kata kuncinya sederhana). Lanjut itu mas Ark menyimpulkan apa yang kusampaikan dan ngisi sisa setengah jam itu.

Sesi berikutnya ‘dagelan ora kathokan’ makan siang jam 11 diselingi nonton prin-TUT! Ho-TUT! Entah bagaimana jadwal workshop ini disesuaikan dengan acara nonton bersama film itu (suudhon banget...). Hebatnya pengisi sesi pertama juga salah seorang penggemar film itu (OMG!). Menu siang itu enak juga... slurp! Setelah itu Riska dateng dan hebatnya dia juga penggemar film yang langsung standby di depan layar flat 32 inchi (HUGE!) Setelah semua kenyang makan dan kenyang gosip film korea, acara lanjut ke sholat dhuhur. Kayaknya Gholib datang waktu ini deh.

Singkat cerita lanjut ke sesi simulasi. Anak anak dibagi 3 kelompok dan diskusi tentang sebuah tema dengan pemandu. Gholib megang seledri (what?) kapilaritas warna, Riska megang sinetron indonesia (sindo?), sedangkan aku megang lapindo (kembali ke... lap...indo!). Tejo megang jam weker alias timer, sementara Ucup motret pake kamera 1,7 megapiksel (punya temennya...). Menurut polling pertama, harusnya diskusi paling rame dipegang oleh sindo dengan Riska nya, ng... Riska dengan sindo nya. Ternyata menurut BMD (badan monitor diskusi) yang paling rame malah lapindo, salut buat gue, soalnya anak anak nya dagelan semua, ada yang jawa timuran, ada yang narsis, wis pokoke rame tenan. Setelah itu semua anak dikumpulin buat presentasi hasil diskusi, dan harus ngobrol dengan Teriak Messenger, fitur baru dari nYaho (bajakannya Yahoo!). Presentasi juga diselingi bantahan, sangkalan, dukungan, kritikan, umpatan, dan lain lain. I’m proud of you guys!

Acara ditutup dengan kesimpulan dan pertanyaan “Will you guys continue this?” jawabnya? “Of course!” Selesai acara semua peserta balik pulang dan kita kita yang ketagihan makan enak minta nambah nasi kotak soalnya sisa banyak. Tau tau Ayu nongol! Datang tak diundang, pulang tak di... nggak ding... selesai itu semua kita pulang karena kecapean. Wew! What a day!

0 Comments:

Post a Comment

<< Home